Batik Mapan

Batik adalah warisan sejarah yang harus dilestarikan, baru-baru ini trend busana batik sangat diminati terutama kaum milenial, dibalik sejarah batik ternyata di Desa Singorojo menyimpan sejarah tersembunyi Motif Batik dengan ciri khas lain dari pada yang lain yaitu Motif Batik Gentong dan Daun Jati.

mengulik tentang sejarah kenapa harus Motif Gentong dan Daun Jati penulis coba tanyakan kepada ketua Kelompok ya nantinya akan mengelola dan mengembangkan wisata edukasi Batik, sejarah Gentong dan Daun Jati tak asing lagi dikalangan masyarakat Desa singorojo terutama kaum old  Gentong yang saat ini masih ada di makam Mbah Datuk Gurnadi Singorojo dulu adalah Ikon/Simbol Peninggalan Leluhur Desa Singorojo, entah mitos atau fakta masyarakat sekitar mempercayai kalau ambil air dari gentong tersebut bisa menyembuhkan penyekit dan tolak balak. semua kembali kepada keyakinan kita masing-masing, sedangkan Motif Daun Jati  dulu di dekat gentong tersebut ada pohon Jati yang berumur ratusan tahun, mungkin pada zaman ini di kategorikan kayu berkelas, Pohon jati tersebut daunya di manfaatkan warga sekitar dan getahnya yang berwarna merah di padu padankan dalam proses perbatikan. warna yang natural dan alami menjadikan ciri tersendiri terutama di bidang seni batik.

salah satu karya batik khas Desa Singorojo saat ini dipakai seragam Pemerintah Desa Singorojo pada hari kamis, banyak sih yang melirik dan bilang ternyata pakai batik keren ya.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan