Pelatihan siskeudes

Pada hari Selasa dan Rabo Tanggal 13 – 14 November 2018 seluruh Desa se – Kecamatan Mayong yang terdiri dari 18 Desa, Petinggi desa Mengikutsertakan 3 Perwakilan Teknis,Malaksanakan Pelatihan Penerapan Aplikasi SISKEUDES,

Pada Acara Tersebut di hadiri oleh Ibu Camat Mayong, beserta Staf  dan Anggotanya, juga mengundang Narasumber dari Dinsospermades Kab, Jepara yaitu , Bpk. Suryo ( Tehnik )  Bpk Rio ( Pengentrian Data )

tujuan dari aplikasi SISKEUDES, merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung secara nyata tata kelola Pemerintahan desa secara bsik dan akuntabel melalui Aplikasi ini.

Maka Pemerintah Daerah telah mengambil langkah-langkah sebagai upaya Penguatan Desa dan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparat Desa, penguatan Administrasi Keuangan Desa untuk menghadapi Dana Desa khususnya yang bersumber dari dana APBN baik melalui Bimbingan Teknis, Pendidikan dan Pelatihan maupun Sosialisasi.

Aplikasi keuangan desa siskeudes ini menggunakan database Microsoft Access sehingga lebih Portable dan mudah diterapkan oleh pengguna aplikasi yang awam sekalipun.
Secara teknis transaksi keuangan desa termasuk dalam kelompok skala kecil, sehingga lebih tepat ditangani secara mudah dengan database acces ini. Penggunaan aplikasi dengan menggunakan database SQLServer hanya dikhususkan untuk tujuan tertentu atau volume transaksi sudah masuk dalam kategori skala menengah.

Penggunaan aplikasi keuangan desa harus mendapatkan persetujuan dari BPKP selaku pengembang aplikasi. Pemerintah Daerah dapat mengajukan permohonan penggunaan aplikasi ini kepada Perwakilan BPKP setempat. Pengajuan penggunaan aplikasi agar dikoordinasikan oleh Pemerintah Daerah sehingga dapat diterapkan pada seluruh desa yang ada pada pemerintah daerah yang bersangkutan.

Maka dari itu Tahun 2019 Seluruh desa harus atau diwajibkan menerapkan Sistem aplikasi ini. pada dasarnya aplikasi SISKEUDES.

Pada Pelatihan Narasumber Menghimbau harus teliti dalam penginputan anggaran supaya tidak ada temuan di kemudian hari. tidak harus pintar tapi harus Teliti…Ungkap Rio.

Seiiring dengan perkembangan teknologi Semoga kedepanya seluruh Desa Sekecamatan mayong bisa terus maju dan berkembang dan menjadi percontohan Desa – desa yang lain.

Dear Admin.Sutris
Facebook Comments
News Reporter